Semester 2 Bab 4 - Tempat Hidup Makhluk Hidup

BAB 4

TEMPAT HIDUP MAKHLUK HIDUP

Standar Kompetensi

  1. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan                                         tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan, serta                                            berbagai tempat hidup makhluk hidup.

 

Kompetensi Dasar

  1. Mengidentifikasikan berbagai tempat hidup makhluk  hidup (air, tanah, dan tempat lainnya)

 

Indikator

  1. Menunjukkan contoh hewan hidup makhluk hidup tertentu.
  2. Memberi contoh hewan yang hidup di darat dan di air.
  3. Memberi contoh tumbuhan yang hidup di darat dan di air.
  4. Memberi contoh tumbuhan yang hidup di tumbuhan lain                                                                  melalui pengamatan.

PENDALAMAN  MATERI

Manusia hewan dan tumbuhan adalah makhluk hidup setiap makhluk hidup memerlukan tempat hidup. Ada yang hidup di darat ada yang hidup di air bahkan ada makhluk hidup yang hidup di darat dan di air. Tempat yang dihuni makhluk hidup disebut habitat berikut ini akan kita bahas tempat hidup-hewan dan tumbuhan.

1. Tempat hidup hewan

Berdasarkan tempat hidupnya hewan dibedakan menjadi tiga yaitu hewan yang hidup di darat misalnya kuda semut sapi dan ayam hewan yang hidup di air misalnya ikan cumi cumi dan kepiting hewan yang hidup di darat dan di air misalnya katak.

a. Ada hewan yang hidup di darat misalnya:

Banyak hewan yang hidup di darat. Hewan darat ada yang hidup di atas tanah hewan darat ada yang hidup di hutan ladang sawah dan kebun ada juga hewan darat yang hidup di dalam tanah.

Anjing sering dipelihara untuk menjaga rumah ayam makan biji bijian ayam suka makan jagung kera adalah hewan darat yang hidup di pohon kera sering dijumpai memanjat dan bergelantungan di pohon.

Kambing dan sapi adalah hewan darat yang suka makan rumput dan dedaunan kupu kupu juga hewan darat. Kupu kupu biasa hinggap di bunga tanaman kupu kupu makan nektar hewan ini menghisap nektar dari bunga

Belalang biasa hidup di sawah ladang dan kebun belalang biasa makan rumput atau daun tanaman gajah harimau singa dan rusa hidup di hutan. Gajah adalah binatang yang sangat besar, gajah makan rumput atau ranting pohon. Singa dan harimau  adalah binatang buas hewan ini suka makan daging singa dan harimau memiliki kuku yang tajam singa dan harimau juga memiliki gigi yang tajam. Kuku yang tajam digunakan untuk menerkam mangsa gigi yang tajam digunakan untuk mengoyak tubuh mangsanya.

Beberapa hewan darat hidup di dalam tanah cacing adalah contoh hewan yang hidup di dalam tanah cacing tanah membuat terowongan dalam tanah cacing tanah makan daun daun yang membusuk cacing-tanah juga makan binatang yang telah mati.

b. Ada hewan yang hidup di air, misalnya :

Hewan yang hidup di air bermacam-macam Hewan air ada yang hidup di air laut payau atau air tawar.

1. Hewan Hidup di Air Laut

Cumi – cumi, ikan paus, ikan hiu, ikan lumba – lumba, kuda laut. Itulah beberapa hewan yang hidup di air laut

2. Hewan yang hidup di air tawar,

Ikan lele, gurami, tawes, gabus, mujair dan belut adalah contoh hewan yang hidup di air tawar yaitu danau sungai atau kolam.

3. Hewan yang hidup di air payau

Air payau adalah air campuran air asin dan air tawar. Air payau terdapat di rawa rawa dekat pantai atau  di tambak. Contoh hewan yang hidup di air payau adalah udang dan bandeng

c. Ada hewan yang dapat hidup di air dan di darat

katak hidup di darat dan di air. katak dapat mencari makanan di darat katak dapat makan nyamuk katak dapat mencari makanan di air katak makan hewan kecil di air katak dapat tidur di darat akan tetapi katak tidak dapat terus ada di darat kulit katak harus basah jika kulitnya mulai kering katak segera melompat ke air

Soal