Semester 2 Bab 1 - Bagian - Bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan

BAB 1

BAGIAN-BAGIAN TUBUH

HEWAN DAN TUMBUHAN

Standar Kompetensi

  1. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat  hidup makhluk hidup.

Kompetensi Dasar

  1. Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan

Indikator

  1. Membuat daftar bagian-bagian utama tubuh hewan (kucing, burung, ikan) dan kegunaannya
  2. Menggambar secara sederhana dan menamai bagian-bagian tubuh hewan.
  3. Menirukan suara-suara hewan yang ada di lingkungan sekitarnya.
  4. Membuat daftar bagian-bagian utama tumbuhan

PENDALAMAN MATERI

            Ada banyak mahkluk yang hidup di sekitar kita. Benda itu bisa dikelompokkan berdasarkan bentuknya, berdasarkan warnanya, atau berdasarkan besar kecilnya

Ada juga benda yang dikelompokkan berdasarkan kasar/halusnya permukaannya dan rasanya.

            Hewan dan tumbuhan termasuk mahkluk hidup. Mahkluk hidup di dunia ini ada jutaan jenis. Setiap bagian tubuh hewan dan tumbuhan mempunyai fungsi khusus

 I.  Bagian Tubuh Hewan dan Kegunaannya

Tubuh hewan memiliki bagian bagian. Ada kepala badan dan alat gerak. Di kepala ada mulut dan mata. Ada juga telinga dan hidung. Di badan ada dada perut dan ekor. Ada berbagai alat gerak hewan kaki sayap sirip dan perut.

 1.    Burung

Burung adalah jenis unggas. Kelompok unggas meliputi berbagai jenis burung, ayam, itik dan angsa.

Tubuh burung terdiri atas kepala, badan dan alat gerak. Antara kepala dan badan terdapat leher. Alat gerak terdiri dari kaki dan sayap. Di bagian belakang terdapat tungging (ekor pendek). dan tubuh burung ditutupi bulu.

a. Kepala

Di bagian kepala burung terdapat sepasang telinga, sepasang mata, hidung dan paruh.

Telinga burung tidak dilengkapi daun telingga. Hidung burung diatas paruh. Paruh berfungsi untuk mencari makanan. Burung tidak mempunyai gigi Setiap jenis burung dapat mengeluarkan suara yang khas. Pada saat bersuara burung dikatakan sedang berkicau. Beberapa jenis burung memiliki mata yang dapat melihat jelas pada malam hari. Burung itu misalnya burung elang.

b. Badan Burung

Di badan burung terdapat kaki sayap dan ekor. sayap berguna untuk terbang. Kaki burung untuk hinggap. Kaki pada burung elang dilengkapi cakar yang kuat dan tajam yang berguna untuk mencengkeram mangsanya. Mangsa elang misalnya kelinci dan ular.

Tidak semua burung dapat terbang, misalnya burung unta, burung kasuari, burung kiwi dan burung pinguin.

Burung kasuari hidup di hutan-hutan di Papua. Burung kiwi merupakan burung khas Selandia Baru. Burung unta sekalipun bentuknya sangat besar tetapi dapat berlari dengan kencang.

 2.    Ikan

Ikan terdiri dari banyak jenis. Ada ikan yang hidup di air tawar (sungai dan danau) Ada juga ikan yang hidup di laut.

Tubuh ikan ditutupi sisik yang tersusun  rapi. Tubuh ikan terdiri dari kepala, badan, dan alat gerak. Alat gerak pada ikan disebur sirip.

a. Kepala

Di kepala ikan terdapat sepasang mata dan satu mulut. Di belakang kepala ikan terdapat sepasang tutup insang. Makanan masuk melalui mulut.

Ikan bernapas dengan insang. Ikan mendapatkan udara dengan cara menyaring air.

b. Badan

Di dalam badan ikan terdapat bagian-bagian tubuh yang penting misalnya gelembung renang. Dengan gelembung renang ikan dapat berenang di dalam air dan bergerak menuju ke permukaan air

 

c. Sirip

Sirip ikan bermacam-macam. Ada sirip punggung, sirip   perut, sirip dada, sirip belakang dan sirip ekor. Sirip ekor berfungsi sebagai alat kemudi

3.    Kucing

Kucing mempunyai tiga bagian tubuh. Yaitu kepala, badan dan kaki. Antara kepala dan badan terdapat leher. Di belakang badan terdapat ekor.

a. Kepala

Di kepala terdapat : telingga, mata, hidung dan mulut. telinga berguna untuk mendengar mata berguna untuk melihat hidung berguna untuk mencium bau mulut dan gigi berguna untuk makan

b. Badan

Di dalam badan terdapat bagian-bagian tubuh penting, misalnya : paru-paru, jantung, hati, dan usus. Perut berguna untuk mengolah makanan

c. Kaki

Kaki berguna untuk berjalan dan menerkam mangsa. Kaki kucing berjumlah empat.ekor berguna untuk keseimbangan rambut berguna untuk menutupi   tubuhnya

 4.    Hewan – hewan Lain

Setiap hewan memiliki perbedaan. Ada hewan berkaki 4. Ada hewan berkaki 2. Ada pula hewan tidak berkaki. Hewan yang tidak mempunyai kaki contohnya ular. Ular berjalan dengan perutnya. Hewan yang mempunyai kaki dua contohnya ayam dan itik. Hewan yang memiliki kaki empat contohnya kambing dan kerbau. Ada juga hewan yang berkaki enam, contohnya semut.

Ada hewan yang berambut. Ada hewan berbulu. Ada pula hewan bersisik.

Ada hewan yang telinganya panjang. Ada hewan yang telinganya lebar. Ada juga hewan yang telinganya pendek.

Ada pula hewan yang memiliki bagian tubuh yang tidak dimiliki oleh hewan lain. Contohnya badak.  Badak mempunyai cula yang berguna untuk mempertahankan diri dan menghalau musuh.

Ada hewan yang mempunyai cula satu, yaitu badak jawa. Ada juga badak yang mempunyai dua cula, misalnya badak sumatra. Sapi dan kambing juga mempunyai alat untuk mempertahankan dirinya. Alat itu disebut tanduk. Tanduk terletak di kepala.

       

II. Bagian-Bagian Utama Tumbuhan

Bentuk tumbuhan berbeda-beda dan bermacam-macam jenisnya. Tumbuhan ada yang hidup di air ada pula yang hidup di darat.    Tumbuhan memiliki bagian-bagian yaitu : akar, batang, daun, bunga, dan buah.

a.    Akar

Akar tumbuhan terletak di bagian tanah. Akar berfungsi menegakkan batang dan menyerap air dalam tanah. bentuk daun tumbuhan bermacam macam. Ada yang berdaun lebar berbentuk jarum memanjang dan berdaun tebal

Kebanyakan daun berwarna hijau dan tumbuh dari batang.

 b.    Batang

Batang tumbuhan ada yang bercabang ada yang tidak bercabang. Batang tumbuhan bercabang misalnya pohon mangga, jambu, jeruk. Tumbuhan yang batangnya tidak bercabang misalnya pohon kelapa dan pohon pisang.

Berdasarkan bentuk batangnya ada tumbuhan yang batangnya berongga, beruas dan berbatang keras

Ada tumbuhan yang berbatang keras ada yang berbatang lunak, yang berbatang keras seperti pohon mangga, durian, duku, rambutan. Yang berbatang lunak seperti  bayam, kangkung, sawi.

 c.    Daun

Daun tumbuhan umumnya berwarna hijau. Daun berfungsi untuk membuat makanan dengan bantuan sinar matahari. Daun juga berfungsi untuk bernafas.

 d.    Bunga

Bentuk dan warna bunga bermacam-macam. Bunga melati berwarna putih. Bunga mawar ada warna putih, merah, dan merah muda. Bentuk bunga juga berbeda-beda menurut jenisnya.

 e.    Buah

Banyak buah yang dapat dimakan. Ada juga buah yang tak dapat dimakan. Ada yang terasa manis. Ada pula yang terasa asam

 f.     Biji

Biji kebanyakan ada di dalam buah Biji kelihatan apabila buah dibelah.

Biji akan tumbuh bila kita tanam. Kini kamu mengetahui bagian-bagian utama pada tumbuhan. Agar lebih jelas, perhatikan contoh tumbuhan berikut

1. Mangga

Akar pohon mangga ada di dalam tanah.Akarnya termasuk akar tunggang. Batangnya tinggi dan bercabang. Buahnya manis bila sudah masak Tapi terasa asam bila masih mentah Bijinya hanya satu di dalam buah.

2. Jagung

Pohon jagung berakar serabut. Batangnya tidak bercabang. Daunnya panjang-panjang. Bijinya banyak. Buah jagung enak bila direbus atau digoreng

3. Durian

Pohon durian tinggi dan besar. Kulit buahnya berduri-duri. Bila sudah matang, baunya harum sekali. Rasanya juga enak sekali

4. Mawar

Mawar termasuk tanaman bunga. Tumbuhannya berduri banyak.

Bila tidak hati-hati, tangan kita bisa tertusuk. Warna bunganya bermacam-macam. Ada merah, putih, dan merah muda. Mawar termasuk bunga yang harum.

5. Melati

Melati juga tanaman bunga. Bunganya kecil-kecil berwarna putih. Baunya harum.

 

Soal