Semester 2 Bab 4-Penggolongan Hewan Berdasarkan Alat Tubuh dan Makanan

BAB 4

Penggolongan Hewan Berdasarkan Alat Tubuh dan Makanan

 

Standar Kompetensi:

3. Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya

Kompetensi Dasar:

3.1 Mengidentifikasi jenis makanan hewan

3.2 Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya

Indikator:

1. Mengelompokkan beberapa jenis hewan pemakan tumbuhan

2. Mengelompokkan beberapa jenis hewan pemakan hewan/daging

3. Mengelompokkan beberapa jenis hewan pemakan segala

4. Mengidentifikasi ciri-ciri hewan pemakan daging

 

A. Berbagai Jenis Makanan Hewan

1. Makanan Berupa Tumbuhan

Tumbuhan mempunyai bagian-bagian yang dijadikan hewan sebagai makanannya, misalnya:

a. Burung kolibri, kupu-kupu, dan lebah makan nektar (cairan manis bahan pembuat madu pada bunga).

b. Panda memakan batang bambu yang masih muda.

c. Belalang memakan batang padi.

d. Kelelawar, jalak, dan kera memakan buahbuahan.

e. Burung dara, nuri, pipit memakan biji-bijian.

f. Ulat memakan daun dan buah.

2. Makanan Berupa Hewan

Biasanya hewan berjuang keras untuk mempertahankan diri agar tidak dimakan hewan lain. Tetapi tetap saja ada yang menjadi predator. Misalnya:

a. Burung pelikan, penguin, dan bangau memakan ikan.

b. Burung elang memakan ular sawah.

c. Burung hantu dan kucing memakan tikus.

d. Harimau, buaya, dan ular piton memakan rusa.

e. Cicak dan katak memakan nyamuk.

f. Laba-laba memakan semut.

3. Makanan Berupa Tumbuhan dan Hewan

a. Beruang memakan buah-buahan, madu, dan ikan.

b. Bebek memakan biji-bijian dan cacing tanah.

c. Ayam memakan biji-bijian, dedaunan, dan serangga di sekitar.

B. Hewan dan Makanannya

Makanan hewan ada yang sama, ada juga yang berbeda. Apakah kamu masih ingat hewan apa yang makanannya rumput? Hewan apa yang makanannya daging? Berdasarkan jenis makanannya, hewan dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu herbivora, karnivora, dan omnivora.

1. Hewan Pemakan Tumbuhan (Herbivora)

Hewan pemakan tumbuhan disebut herbivora. Jumlahnya paling banyak, mulai dari gajah sampai ulat hidup dengan memakan tumbuhan. Hewan herbivora memakan tumbuhan dalam jumlah yang sangat banyak. Ini karena tumbuhan kurang menghasilkan energi. Maka tidak heran jika kambing atau sapi seharian kerjanya hanya makan rumput saja. Hewan herbivora ada yang berukuran besar dan ada yang berukuran kecil. Herbivora yang tubuhnya besar contohnya gajah, sapi dan kuda.

Contoh herbivora yang tubuhnya kecil adalah ulat, kupu-kupu, dan belalang.

Kebanyakan mamalia (hewan yang menyusui anaknya) tergolong hewan herbivora. Misalnya kambing, sapi, dan kerbau. Kita dapat mengenali hewan mamalia yang memakan tumbuhan dari susunan gigi hewan tersebut.

Ciri-ciri gigi hewan herbivora:

a. Tidak memiliki gigi taring.

b. Memiliki gigi seri yang tajam. Gigi seri yang tajam ini berfungsi untuk memotong makanan. Umumnya gigi seri hanya terdapat pada rahang bawah.

c. Memiliki gigi geraham yang permukaannya bergelombang. Ini berfungsi untuk mengunyah makanan hingga lumat dan lembut. Hewan mamalia yang herbivora biasanya menelan makanannya dalam keadaan lembut.

Gambar: Hewan herbivora

2. Hewan Pemakan Hewan Lain (Karnivora)

Hewan yang memakan hewan lain disebut karnivora. Hewan karnivora selalu berburu hewan lain untuk dimangsa. Hewan karnivora juga sering dijuluki sebagai binatang buas. Mereka dibekali Tuhan alat tubuh yang sesuai dengan makanannya. Harimau dan singa dikaruniai kuku yang tajam serta gigi taring yang panjang dan runcing untuk memburu dan melumpuhkan mangsanya. Bangsa burung pemangsa, seperti elang, dikaruniai paruh dan cakar yang runcing untuk mencari mangsanya. Contoh hewan karnivora yang lain seperti ular, buaya, dan serigala.

Seperti juga hewan herbivora, hewan karnivora ada yang besar dan ada yang kecil. Karnivora yang tubuhnya besar contohnya harimau, singa, dan hiu. Sedangkan karnivora yang tubuhnya kecil contohnya cicak dan tokek. Cicak dan tokek memakan nyamuk yang bisa terbang kian kemari. Oleh karena itu, Tuhan mengkaruniakan lidah yang panjang dan kemampuan merayap kepada cicak dan tokek. Kemampuan ini untuk dapat menangkap mangsanya yang bisa terbang.

Mamalia yang tergolong karnivora memiliki gigi taring yang tajam. Fungsi gigi taring ini untuk melumpuhkan, dan merobek daging mangsanya. Sedangkan permukaan gigi gerahamnya bergarisgaris tajam. Bentuk geraham seperti itu berguna untuk mengunyah makanannya yang berupa daging yang bersifat liat dan kenyal. Contoh mamalia yang tergolong karnivora adalah kucing, harimau, dan singa.

Gambar: Contoh hewan pemakan daging atau hewan lainnya

Beberapa jenis burung juga termasuk karnivora, misalnya burung elang dan burung hantu. Kedua burung ini tergolong penerbang yang paling kuat dan pemburu paling ganas dalam dunia hewan. Burung pemangsa biasanya berparuh kuat, runcing dan ujung paruh bagian atas melengkung ke bawah.

3. Hewan Pemakan Segala (Omnivora)

Omnivora adalah sebutan bagi hewan pemakan segala. Baik tumbuhan maupun hewan lain semuanya dimakan olehnya. Contoh yang paling dekat dengan kita adalah ayam. Seperti kita lihat pada gambar, ayam memakan biji-bijian. Tetapi di lain waktu, kalian tentu pernah melihat ayam memangsa cacing tanah. Hewan omnivora biasanya tidak terlalu memilih-milih makanan sehingga mereka lebih mudah menemukan makanannya. Contoh lainnya adalah beruang yang bisanya memangsa ikan tapi juga suka meminum madu dan makan daun-daunan muda. Kita, manusia, juga termasuk omnivora lho! Kita kan memakan sayuran dan daging.

Gambar: Ayam merupakan contoh hewan omnivore

Beberapa jenis burung juga termasuk omnivora. Contohnya burung jalak dan burung kutilang. Kedua jenis burung ini suka makan buahbuahan, tapi juga suka makan ulat dan semut yang bersembunyi di balik dedaunan.  

4. Hewan Pemakan Bangkai dan Sampah

Setiap hari manusia memproduksi sampah yang jumlahnya tak terkira. Seandainya Tuhan tak menciptakan makhluk pemakan bangkai dan sampah, apa jadinya lingkungan kita ini? Bau busuk dari bangkai dan sampah yang menumpuk pasti mengepung kita di mana-mana. Hidup jadi tidak nyaman dan bahkan bibit penyakit akan mengancam setiap saat.

 

Oleh karena itu, hewan pemakan bangkai dan sampah mempunyai peran yang sangat penting di alam. Mereka memakan binatang yang mati, kotoran, dan sampah yang kita buang. Hewan jenis ini bisa dijuluki tukang sampah alam. Mereka membersihkan sisa tubuh hewan yang mati dan berbagai jenis sampah yang dibuang manusia.

Hewan pemakan bangkai dan sampah ini biasanya bertubuh sangat kecil. Contohnya adalah berbagai jenis bakteri. Hewan jenis ini ukuran tubuhnya sangat kecil sehingga tak tampak oleh mata biasa. Dibutuhkan alat khusus seperti mikroskop untuk melihatnya.

C. Ciri Fisik Hewan

Hewan memiliki bentuk fisik sesuai dengan jenis

makanannya.

1. Hewan pemakan biji-bijian memiliki paruh yang pendek dan kuat. Contoh: burung pipit, nuri, betet, kakatua, beo, dan merpati.

2. Hewan pemakan daging memiliki gigi dan kuku tajam untuk menangkap dan mencabik-cabik mangsa. Contoh: elang dan rajawali.

3. Hewan pemakan ikan memiliki mulut dan paruh yang panjang untuk menangkap ikan. Contoh: bangau, pelikan.

4. Hewan pemakan darah memiliki bentuk mulut penghisap. Contoh: nyamuk.

5. Hewan pemakan batang muda memiliki mulut penggigit dan pengunyah. Contoh: belalang dan jangkrik.

6. Hewan penghisap madu memiliki belalai penusuk. Contoh: kupu-kupu.

 

Soal