Semester 2 Bab 5 - Penggunaan Uang Sebagai Kebutuhan

BAB 5

PENGGUNAAN UANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN

 

Standar Kompetensi:

  1. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

 

Kompetensi dasar:

  1. Mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan

 

RINGKASAN MATERI

           

            Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari diperlukan uang. Uang sangat penting bagi kita. Supaya uang itu dapat digunakan sesuai kebutuhan, maka diperlukan pengelolaan atau pengaturan yang baik

 

A.  Kegunaan Uang

            Uang sangat dibutuhkan. Seorang perawat, tukang cukur, buruh, guru, dan sopir berangkat dari rumah adalah untuk bekerja. Tujuannya mencari uang. Dengan uang, mereka membeli kebutuhan. Terutama, kebutuhan pokok. Makanan dan pakaian. Untuk biaya pendidikan. Jika memungkinkan rekreasi dengan keluarga dan lain-lain. Fungsi uang diantaranya:

 

 

1. Alat pembayaran yang sah

            Orang mau menerima uang sebagai alat pembayaran karena mereka percaya nilai uang tidak berubah. Jadi, orang tidak akan rugi saat menerima pembayaran uang. Misalnya: kita membeli barang, gula, dan sebagainya.

 

2.Uang sebagai alat penukar

            Uang alat pembayaran yang sah. Uang berguna pula sebagai penukar. Setiap negara mempunyai mata uang sendiri, misalnya:

1) mata uang Indonesia disebut Rupiah;

2) mata uang Singapura disebut Dolar Singapura;

3) mata uang Malaysia disebut Ringgit;

4) mata uang Filipina disebut Peso;

5) mata uang Arab Saudi disebut Real;

6) mata uang Amerika Serikat disebut Dolar.

 

            Masing-masing mata uang mempunyai nilai tukar terhadap rupiah. Tahukah kamu apa yang disebut dengan kurs? Kurs adalah perbedaan nilai tukar mata uang suatu negara dengan negara lainnya. Misalnya, bila kita akan ke Malaysia. Di Malaysia, uang rupiah tidak dapat digunakan untuk berbelanja.    Jadi, harus ditukarkan dulu dengan uang ringgit. Nilai tukarnya sesuai dengan kurs.

 

3. Uang sebagai alat menghitung kekayaan

            Segala kekayaan dapat dihitung dengan uang . Uang menjadi lambang kekayaan. Misalnya: kalau uang sakumu banyak, kamu merasa kaya. Namun, ketika uangmu habis, kamu merasa miskin.

 

4. Sebagai alat untuk mengukur barang

            Uang digunakan sebagai alat pengukur barang, maksudnya dengan adanya uang kita dapat menentukan berapa harga barang yang pantas untuk satu pasang sepatu.

            Dengan memiliki uang kita juga bisa menabung. Menabung berarti belajar hidup hemat. Rajin menabung bukan berarti pelit. Menabung untuk keperluan masa depan.

 

B. Cara Mengelola Uang

            Uang sangat dibutuhkan setiap orang. Uang alat pembayaran yang sah. Dengan memiliki uang, kebutuhan mudah diperoleh. Kita kesulitan apabila tidak memiliki uang. Uang diperoleh dengan usaha. Oleh karena itu, setiap orang harus bekerja. Mendapatkan uang sulit. Maka kita harus pandai mengelolanya. Bagaimana caranya?

            Setiap manusia memiliki banyak kebutuhan dan keinginan. Untuk dapat memenuhi semua itu, manusia harus kerja. Dengan bekerja manusia akan mendapatkan penghasilan. Tidak jarang uang yang kita miliki terbatas Apabila dibelanjakan terus, maka uang pun akan habis. Untuk itu, perlu cara mengelola uang secara baik. Cara mengelola uang yakni:

  1. Dengan menyusun rencana pengeluaran.

            Pengeluaran di sini maksudnya adalah untuk kebutuhan. Kebutuhan adalah sesuatu yang harus kita miliki. Kalau tidak memiliknya, hidup kita akan terganggu. Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang kita harapkan. Jika tidak terpenuhi tidak mempengaruhi hidup.

            Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Kebutuhan anak berbeda dengan kebutuhan orang tua. Contoh kebutuhan orang tua: makanan pokok, biaya telepon, bensin, uang saku anak-anak, biaya listrik, dan lain-lain.        

            Apabila jumlah uang orang tua sedikit, hendaknya dapat mengatur pengeluaran, di antaranya jangan hidup boros. Kita harus belajar hidup hemat. Hidup hemat dimulai sejak kecil.

 

  1. Menabung

            Menabung mengajari kita untuk menahan diri. Anak yang pandai menahan diri adalah anak yang sudah besar. Dengan menabung, mempunyai banyak manfaat. Diantaranya:

  • Bisa diambil setiap saat.
  • Dapat mencukupi keperluan masa depan.
  • Melatih hidup hemat dan tidak boros.
  • Menabung dapat dilakukan di berbagai tempat, antara lain:

 

  1.  
  2.  
    1. Celengan

            Menabung di celengan memang lebih mudah, mudah karena tidak perlu pergi jauh-jauh, cukup di rumah saja. Namun keamanannya tidak terjamin, karena celengan tersebut dapat dicuri orang. Selain itu kita juga mudah tergoda untuk mengambil isinya.

 

b. Bank     

            Menabung, selain dapat dilakukan di celengan juga dapat dilakukan di bank. Menabung d bank lebih rumit, karena kita harus mendatangi kantor bank terdekat. Di bank kita harus mengisi formulir dan memenuhi syarat dari bank, berdiri antre dan sebagainya. Menabung di bank memilik kelebihan, diantaranya: keamanan uang lebih terjamin dan mendapat bunga, uang tidak mungkir hilang.

            Setiap bank memiliki jenis tabungan yang berbeda-beda. Jika kita menabung di salah satu bank, maka kita dapat memilih jenis tabungan yang kita inginkan, sebegai contoh:

- Bank BRI       : jenis tabungannya antara lain: Simpedes, Simaskot, BRltama

- BCA               : jenis tabungannya antara lain: Tahapan.

- Bank Mandiri : jenis tabungannya antara lain: Fiesta.

 

D. Manfaat Mengelola Uang dengan Baik

            Uang harus dikelola dengan baik. Apalagi uang kita jumlahnya terbatas. Kebutuhan kita beraneka ragam. Kalau pandai mengelolanya akan terasa manfaatnya. Kalau tidak bisa mengaturnya akan mengalami kesulitan. Banyak manfaat apabila pandai mengelola keuangan.

Antara lain sebagai berikut.

1. Masa Depan akan Lebih Baik

            Dengan perencanaan penggunaan uang berarti kita mempersiapkan pemenuhan kebutuhan. Utamanya adalah kebutuhan di masa datang. Salah satu caranya adalah dengan menabung.

 

2. Terhindar dari Kesulitan

            Banyak yang dihadapi dalam kehidupan. Kadang-kadang tidak diketahui sebelumnya. Terkadang ada kejadian yang tidak biasanya terjadi, adanya musibah yang membutuhkan biaya lebih. Contohnya ada salah satu anggota keluarga yang sakit dan harus di rawat di rumah sakit. Berarti dibutuhkan dana lebih untuk kesehatan.

 

3. Melatih disiplin dalam penggunaan uang

            Bila kita telah membuat perencanaan atas penggunaan uang, maka kita harus melaksanakannya. Pengeluaran yang kita lakukan tidak boleh menyimpang dari rencana yang telah dibuat. Hal ini untuk menghindari sikap boros.

Soal