Semester 2 Bab 7-Gaya

BAB 7 GAYA

 

Standar Kompetensi :

5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya

Kompetensi Dasar :

5.1 Mendiskripsikan hubungan antara gaya gerak dan energimelalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)

Indikator : Setelah mempelajari bab ini kamu diharapkan dapat:

1. Dapat memberikan contoh dan menjelaskan apa yang dimaksud : gaya gerak, gaya gravitasi serta gaya magnet.

 

PEMAHAMAN MATERI

. Gayamerupakan sesuatu yang tidak terlihat.Namun pengaruhnya dapat dirasakan.Gaya pada suatu benda dapat menyebabkan benda tersebut bergerak, berubah bentuk, dan dapat mengubah arah benda.

. Gaya adalah kemampuan tarikan atau kemampuan dorongan. Kemampuan tarikan agar suatu benda atau barang mendekat dengan sumber gaya. Kemampuan dorongan agar benda atau barang tersebut menjauh dari sumber gaya. Misalnya:

- Menarik daun pintu agar daun pintumendekati kita

- Mendorong daun pintu agar daun pintu menjauh dari kita.

. Besaran gaya adalah Newton. Penemu gaya adalah, Sir Isac Newton. Alat pengukur gaya disebut dynamometer.

. Sifat-sifat gaya adalah :

a. Gaya dapat menyebabkan benda bergerak. Contohnya : peti akan bergerak bila didorong atau ditarik melalui bidang miring.

b. Gaya dapat mengubah arah gerak suatu benda. Contohnya : sepeda yang melaju kemudian direm

c. Gaya dapat mengubah bentuk suatu benda. Contohnya : tanah liat dapat diubah menjadi gerabah.

 

 

. Berdasarkan sumbernya gaya dapat dikelompokkan menjadi :

1. Gaya grafitasi adalah gaya yang disebabkan karena adanya tarikan dari bumi. Contoh orang melakukan loncat indah Semakin tinggi dari permukaan bumi, maka gaya grafitasinya semakin kecil. Contoh semakin ke atas semakin melayang seperti seorang antariksawan di angkasa luar. Gaya grafitasi bumi menyebabkan semua benda di bumi terasa berat.

Manfaat gaya gravitasi sebagai berikut.

a. Benda-benda di bumi tidak terlempar ke angkasa luar.

b. Kita dapat berjalan di atas tanah.

c. Benda-benda di bumi mempunyai berat sehingga tidak melayang-layang di udara.

Gambar : Buah kelapa jatuh ke bawah karena gaya gravitasi bumi

2. Gaya gesek adalah gaya yang disebabkan oleh gesekan suatu benda.

Contohnya gesekan rem pada sepeda.

Gambar : Saat mendorong kardus akan terjadi gesekan antara kardus dengan lantai

 

Besar kecilnya gaya gesekan dipengaruhi oleh permukaan benda yang bergesekan. Semakin kasar permukaan benda semakin besar gaya geseknya.

Manfaat adanya gaya gesekan antara lain:

a. Menghentikan benda yang bergerak

Misalnya: gesekan antara rem karet dengan pelek sepeda dapat menghentikan gerak sepeda.

b. Menahan benda agar tidak tergelincir dan menghentikan gerak benda.

Misalnya: alas sepatu/sandal yang kasar dengan lantai sehingga kita dapat berjalan dan tidak tergelincir.

Kerugian adanya gaya gesekan antara lain:

a. Menimbulkan panas dan keausan. contohnya: gaya gesekan pada pergerakan bagianbagian mesin menimbulkan panas dan keausan pada mesin.

b.. Menghambat gerak benda. contohnya: gaya gesekan antara rel kereta api dengan roda kereta api menyebabkan kereta api tidak dapat bergerak dengan kelajuan tinggi.

c. Memboroskan energi, contohnya: menarik benda di alas tanah membutuhkan energi lebih besar dari pada menarik benda di alas lantai yang licin.

Untuk mengurangi gaya gesekan pada mesin dan kendaraan digunakan minyak pelumas yang berupa oli untuk memperhalus atau memperlicin permukaan benda yang saling bergesekan. Pada benda yang bergesekan digunakan roda untuk mengurangi gaya gesekan pada benda dengan permukaan jalan.

Untuk memperbesar gaya gesekan dapat digunakan bahan karet dan paku-paku atau pul, seperti pada sepatu pemain sepak bola.

3. Gaya magnet adalah gaya yang disebabkan tarikan atau tolakan dari suatu benda yang mengandung magnet.

Magnet adalah benda yang dapat menarik bendabenda benda yang terbuat dari logam tertentu. Misalnya: batang magnet dapat menarik benda-benda yang terbuat dari besi, baja, dan seng.

a. Magnet terbagi atas magnet alam dan magnet buatan. Magnet alam terdapat di alam, sedangkan magnet buatan dapat dibuat dengan cara:

1) Induksi

Pembuatan magnet secara induksi dilakukan dengan cara menempelkan benda magnetis pada magnet sehingga benda tersebut dapat menarik benda magnetis lainnya.

Sifat kemagnetan benda ini hanya berlangsung sementara. Jika benda dilepaskan dari magnet, maka sifat kemagnetannya akan hilang.

2) Aliran arus listrik

embuatan magnet dengan cara aliran arus listrik dilakukan dengan cara mengaliri kumparan dengan arus listrik. Sifat kemagnetan benda yang dialiri arus listrik berlangsung sementara. Jika arus listrik diputus maka sifat kemagnetan benda akan hilang. Magnet yang terjadi karena dialiri arus listrik disebut elektromagnetik.

Keuntungan membuat magnet dengan cara aliran arus listrik adalah sifat kemagnetan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

3) Gosokan

Pembuatan magnet dengan cara gosokan dilakukan dengan cara menggosok-gosokkan kutub magnet pada besi atau baja secara searah.

Sifat kemagnetan pada benda dapat dihilangkan dengan cara dibakar atau dipukul

secara berulang.

b. Benda magnetik adalah benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet, benda nonmagnetik adalah benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet.

 

c. Magnet memiliki berbagai bentuk sesuai dengan kegunaannya.

· Magnet jarum digunakan pada kompas.

· Magnet silinder digunakan pada speaker.

· Magnet U digunakan pada dinamo sepeda dan lain-lain.

-Magnet batang

d. Kutub-kutub magnet memiliki gaya tarik paling kuat terhadap benda

e. Benda yang dapat ditarik megnet adalah besi dan baja atau campurannya.

f. Kegunaan magnet dalam kehidupan antara lain adalah : untuk mengaktifkan kompas, terdapat pada ujung gunting untuk membantu seorang penjahit mengambil jarum, alat pengangkut peti kemas, papan catur, dynamo sepeda, dan kereta api magnet.

g. Feromagnetik adalah benda yang dapat dibuat magnet, misalnya besi dan baja. Para magnetik adalah benda yang tidak dapat dibuat magnet, misalnya aluminium dan kuningan

h. Medan magnet, adalah daerah di sekitar magnet yang masih dipengaruhi gaya magnet. Kekuatan gaya tarik magnet yang paling besar terletak pada kutub-kutubnya. Magnet mempunyai dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan.

Sifat kemagnetan suatu magnet dapat hilang bila dipanaskan, dipukul, dan didekatkan dengan medan listrik. Apabila antara benda logam dengan magnet terdapat penghalang, pengaruh gaya magnet dipengaruhi oleh ketebalan penghalang, jarak antara benda logam dengan magnet, dan jenis benda penghalang.

4. Gaya mesin adalah gaya yang ditimbulkarn oleh mesin. Contoh dapat berjalan karena adanya mesin diesel.

5. Gaya otot adalah gaya yang dikeluarkan oleh makhluk hidup atau manusia dan hewan. Contohnya manusia dapat mengangkat benda.

Soal