Semester 2 Bab 3-Perkembangan Teknologi

BAB 3 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

 

Standar Kompetensi : 2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi

Kompetensi Dasar : 2.3 Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya

Indikator : Setelah mempelajari bab ini kamu diharapkan dapat:

1. Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya

2. Mengetahui kelebihan dan kekurangan teknologi dari masa ke masa

 

Pemahaman Materi/Konsep

Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Teknologi dapat mempermudah pekerjaan. Contohnya, pekerjaan cepat selesai dan hasil yang meningkat. Apakah yang dimaksud dengan teknologi produksi?Teknologi adalah kemampuan berlandaskan ilmu pengetahuan.Adapun produksi adalah kegiatanmenghasilkan barang. Jadi, teknologi produksi adalah kegiatanmenghasilkan barang berlandaskan pengetahuan. Teknologi produksi mengalami perkembangan. Perkembangannya selalu ke arah kemajuan. Teknologi produksi padamasa kini jauh lebih baik.Apabila dibandingkan dengan teknologimasa lalu. Teknologi produksimasa lalu bersifat sederhana. Hasilnya pun sangat terbatas. Teknologi produksi masa kini bersifat modern. Selain itu, banyak memberi kemudahan. Salah satu kemudahan itu adalah hasil produksi yang melimpah.

gambar beberapa orang ibu-ibu sedang membatik. Dalam proses itu dibutuhkan alat-alat, seperti canting, wajan kecil, tungku api kecil, arang, kain putih dan malam (lilin).

Sumber daya alam perlu diolah sebelum dinikmati. Pengolahannya menggunakan teknologi. Salah satunya teknologi produksi. Teknologi produksi dalam pemanfaatannya menggunakan alat. Adanya teknologi produksi kebutuhan hidup dapat terpenuhi. Kebutuhan hidup itu, seperti pangan, sandang, dan sebagainya.

A. Perkembangan Teknologi Produksi

Teknologi produksi adalah cara melakukan kegiatan dengan menggunakan alat tertentu untuk menghasilkan barang.

1. Teknologi produksi masa lalu

a. Teknologi produksi tradisiona/ bidang pertanian

Sebelum ditanami padi, sebuah lahan atau sawah harus diolah terlebih dahulu oleh petani. Pada zaman dahulu, petani menggunakan tenaga hewan, untuk menggemburkan tanah. Penggemburan tanah dilakukan dengan membajak sawah. Pemotongan padi menggunakan ani-ani atau sabit. Kemudian padi dipisahkan dari kulitnya dengan cara ditumbuk. Padi ditumbuk menggunakan alu dan lesung.

Lesung terbuat dari kayu yang dipahat membentuk seperti perahu. Lesung sebagai tempat menaruh padi yang akan ditumbuk, sedangkan alu adalah alat untuk menumbuk, padi. Semua pekerjaan tersebut dilakukan dengan tenaga manusia, dan alat-alat yang digunakan pun masih sederhana dan tradisional. Tidak ada yang dikerjakan dengan mesin.

b. Teknologi produksi tradisional bidang industri

Teknologi produksi tradisional bidang industri adalah pembuatan genting dan batu bata. Pembuatannya menggunakan tanah liat dan prosesnya masih menggunakan tenaga manusia. Mulai dengan pencampuran tanah liat menggunakan sekam, pencetakan, sampai pembakaran.

2. Teknologi produksi masa kini

Teknologi produksi masa kini adalah penciptaan alat-alat produksi untuk meningkatkan hasil produksi menggunakan tenaga modern bermesin.

a. Teknologi produksi masa kini bidang rancang bangun

          gambar Rancang bangun tradisional                              gambar Rancang bangun Modern atau masa kini

Mesin berteknologi modern telah menciptakan alat rancang bangun yang dapat membangun rumah bertingkat. Menyusun rumah dengan katrol dapat mempermudah mengangkat bahan-bahan ke atas. Dengan mesin ini, proses pembuatan rumah yang bertingkat tidak mengalami kesulitan dan cepat selesai serta hasilnya pun lebih bagus dan kuat.

b. Teknologi produksi masa kini bidang industri

Proses produksi bahan, pakaian pada zaman sekarang telah banyak yang menggunakan mesin. Pemintalan benang sudah dilakukan dengan mesin, barang yang dihasilkan pun lebih cepat dan lebih banyak.

B. Macam-Macam Teknologi Produksi

a. Teknologi Pertanian

Kegiatan pertanian berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan pokok. Pada zaman purba, manusia mengambil bahan pangan dari alam. Misalnya mengambil daun-daunan dan buah dari hutan serta berburu binatang. Selanjutnya, pertanian dilakukan secara menetap. Manusia mulai menggunakan teknologi dalam kegiatan pertaniannya.

1) Teknologi Tanaman Pangan

Tanaman pangan menghasilkan bahan-bahan makanan pokok seperti beras. Beras berasal dari tanaman padi yang ditanam di lahan basah. Petani memulai penanaman dengan menabur bibit di persemaian. Benih siap ditanam setelah berumur tiga minggu. Selama penyemaian, petani akan menggemburkan lahan. Caranya dengan dibajak dan diairi. Petani tradisional menggunakan cangkul atau kerbau untuk membajak sawah, sedangkan petani yang Iebih modern menggunakan traktor. Dengan traktor, kegiatan menggemburkan tanah dapat Iebih ringan, mudah, dan cepat.

gambar Bajak dan traktor

Padi yang sudah ditanam harus diberi pupuk. Dahulu, pupuk berasal dari kotoran ternak. Sekarang petani Iebih banyak menggunakan pupuk kimia buatan pabrik. Pupuk membantu pertumbuhan tanaman dan mempercepat masa tanam. Setelah berumur seratus hari, tanaman padi siap dipanen.

Cara pemanenan padi di Indonesia umumnya menggunakan sabit atau aniani. Petani di Indonesia tidak menggunakan mesin pemanen seperti pada pertanian gandum. Hal ini karena lahan sawah berupa petak-petak. Ladang gandum jauh Iebih luas sehingga memungkinkan dilalui mesin yang cukup besar.

Setelah dipanen padi harus dipisahkan dari batang dan kulitnya. Dahulu, padi hanya dipukul-pukulkan pada batu atau kayu Kemudian ditumbuk dengan lesung. Sekarang sudah ada mesin perontok dan mesin penggiling. Dengan mesin-mesin tersebut, bisa dihasilkan beras lebih cepat, utuh, dan bersih.

Selain itu, dalam bidang pertanian berkembang teknologi hortikultura, hidroponik dan pertanian organik. Teknologi hortikultura adalah bercocok tanam khusus buah, sayuran, dan tanaman hias menggunakan pupuk, pestisida. Irigasi, dan rumah kaca. Hidroponik adalah cara pertanian tanpa tanah luas, misalnya pipa, pot, dan kaleng. Pertanian organik adalan pertanian tanpa bahan kimia. Obat hama dan pupuk menggunakan bahan alami seperti : pupuk kandang.

b. Teknologi Perkebunan

Bentuk perkembangan teknologi perkebunan misalnya dalam hal bibit dan teknik pemeliharaan tanaman. Dahulu, pohon buah ditanam dari bijinya. Masa pertumbuhan tanaman cukup lama. Setelah ditemukan teknik stek, masa tanam bisa dipercepat sehingga lebih cepat dipanen.

Selain itu, ditemukan pula teknik persilangan bibit untuk menghasilkan bibit unggul. Bibit unggul lebih tahan terhadap penyakit, berbuah lebat, dan bisa segera dipanen. Contohnya bibit kelapa hibrida, jati super, kelengkeng pingpong, dan sebagainya.

c. Teknologi Perikanan

Pada zaman dahulu orang menangkap ikan dengan tangan atau tombak. Hasil yang diperoleh sangat sedikit dan membutuhkan waktu lama. Selanjutnya, manusia menciptakan jaring yang bisa menangkap ikan lebih banyak. Pada perikanan modern, orang menggunakan kapal besar dan jaring yang sangat kuat dan lebar. Jaring ditarik dengan mesin dan hasil tangkapan segera disimpan dalam lemari pendingin.

Manusia tidak hanya bergantung pada ikan yang disediakan oleh alam. Manusia pun berusaha mengembangkan budi daya ikan, kepiting, udang, dan lainnya. Budi daya perikanan dilakukan di perairan darat dan laut. Cara yang digunakan antara lain dengan kolam, tambak, dan karamba.

d. Teknologi Peternakan

Budi daya hewan untuk diambil hasilnya disebut peternakan. Di dalam peternakan modern dilakukan beberapa cara agar hewan ternak sehat dan produktif. Misalnya, dengan vaksinasi agar hewan terhindar dari penyakit, kawin silang, dan inseminasi buatan (dilakukan dengan mengambil cairan sperma pejantan dan memasukkannya ke tubuh hewan betina terutama pada sapi).

e. Teknologi Kehutanan

Hutan dimanfaatkan terutama produksi kayunya. Peralatan menebang dan mengolah kayu berkembang dari waktu ke waktu. Dahulu, manusia purba menebang pohon dengan batu. Setelah ditemukan logam, orang mulai membuat peralatan dari logam untuk, menebang pohon, misalnya kapak dan gergaji. Untuk meringankan pekerjaan, manusia membuat gergaji bermesin. Semula gergaji bermesin menggunakan tenaga yang bersumber dari kayuhan kaki manusia. Selanjutnya, gergaji bermesin menggunakan bahan bakar minyak bumi.

Perkembangan peralatan pemotong kayu dan meningkatnya kebutuhan manusia mengancam kelestarian hutan. Oleh karena itu, dibuat aturan untuk menjaga kelestarian hutan. Misalnya reboisasi (penghijauan kembali), tebang pilih, serta penetapan hutan produksi dan hutan lindung.

f. Teknologi Pertambangan

Kegiatan pertambangan membutuhkan alat-alat untuk mengeluarkan bahan tambang dan memisahkannya dari batuan lainnya. Teknologi pertambangan dewasa ini semakin canggih, tidak lagi mengandalkan kekuatan tangan manusia. Misalnya, menggunakan mesin bor, mesin mengeruk, bahan peledak, dan mesin penyuling. Bahkan, perkembangan teknologi satelit mampu memperkirakan letak minyak bumi dan batu bara dalam lapisan bumi sehingga tidak perlu melakukan percobaan pengeboran.

C. Perkembangan teknologi komunikasi

Kamu pernah menggunakan telepon, bukan? Pasti kamu juga suka menonton film kartun di televisi. Di rumahmu juga sering diputar radio atau tape recorder. Sementara ayah dan ibumu sering membaca koran. Apakah kamu tahu, bagaimana sebuah koran bisa sampai di rumahmu? Koran tersebut dicetak di percetakan. Percetakan menggunakan mesin. Mesin tersebut termasuk teknologi.

Kamu menggunakan telepon genggam atau telepon rumah. Kedua alat ini termasuk teknologi. Begitu juga halnya dengan televisi, tape recorder, internet, atau fax. Semua ini alatalat komunikasi. Alat alat komunikasi ini termasuk teknologi komunikasi.

Pada dasarnya cara berkomunikasi itu ada dua macam, yaitu komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung. Komunikasi langsung terjadi bila dua orang atau lebih berbincangbincang dengan saling berhadapan muka. Sedangkan komunikasi secara tidak langsung terjadi bila orang yang berkomunikasi menggunakan suatu alat perantara. Biasanya orangnya tidak berhadapan secara langsung.

a. Surat

Pernahkah kamu mendapat surat atau mengirim surat kepada orang yang kamu kenal? Menyenangkan sekali apabila teman baik kita melayangkan sepucuk surat. Tentunya kita tidak sabar untuk membuka dan membacanya. Tentu saja kita juga akan senang membalas surat itu, bukan?

Dengan selembar surat kita dapat menceritakan banyak hal. Kita dapat menceritakan pengalaman kita waktu berlibur di Bali. Kita dapat menceritakan kegembiraan kita waktu kita mendapat hadiah dari ayah.

b. Telegram

gambar Mesin faximile

Telegram disebut juga surat kawat. Telegram ialah berita yang dikirim melalui telegraf. Kode-kode atau isyarat yang digunakan untuk mengirim pesan melalui telegraf disebut morse. Kamu dapat mengirim telegram di kantor telegram. Berita yang kamu tulis pada telegram itu, hendaknya singkat namun jelas. Sebab jika berita yang kamu tulis terlalu banyak, maka uang yang dikeluarkan untuk mengirim telegram juga banyak.

c. Telepon

Telepon merupakan alat komunikasi yang sering digunakan. Apakah di rumahmu telah terpasang sambungan telepon? Pernahkah kamu berkomunikasi menggunakan pesawat telepon? Dengan menekan nomor tujuan dalam waktu singkat kita dapat berkomunikasi dengan teman atau siapa saja baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

     

     

                                                                  gambar Berbagai jenis telepon

Sistem pembicaraan melalui telepon ada yang disebut lokal dan ada juga interlokal. Lokal yaitu hubungan telepon di dalam kota atau daerah yang berdekatan. Interlokal adalah sambungan telepon dari kota yang satu ke kota yang lain. Semakin jauh jarak sambungan telepon semakin besar biaya yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, kita harus hemat dalam menggunakan telepon. Bicaralah seperlunya saja supaya biaya telepon tidak terlalu mahal.

Di negara kita sudah ada banyak stasiun radio. Stasiun pemancar radio ada yang dikelola pemerintah dan ada yang dikelola swasta. Stasiun pemancar radio pemerintah bernama RRI (Radio Republik Indonesia). RRI berdiri pertama kali pada tanggal 11 September 1945. Apakah ada stasiun radio swasta di daerahmu? Coba tuliskan nama-nama stasiun radio tersebut!

 

d. Televisi

Kita dapat melihat berbagai peristiwa yang terjadi di tempat yang jauh dari tempat tinggal kita melalui televisi. Di negara kita, dulu hanya ada satu stasiun televisi, yaitu TVRI. Sekarang, kita dapat menyaksikan berbagai acara dari banyak stasiun televisi. Televisi merupakan sarana komunikasi yang sangat penting karena menjadi sarana informasi dan hiburan.

     

                                                                                     gambar Televisi

Tahukah kamu siapa yang membuat televisi pertama kali? Orang yang pertama kali membuat televisi adalah John Logie Baird. Ia berkebangsaan Inggris. Ide pertamanya untuk membuat televisi gagal. Pada tahun 1923, dia mulai mengutak-atik mesin untuk memindahkan gambar sekaligus suara lewat radio. Dia berhasil mengirim gambar kasar ke pesawat penerima yang berjarak beberapa meter tanpa kabel. Pada bulan Januari 1926, dia mendemonstrasikan televisi di depan umum di Institut Kerajaan di London. Ini adalah peragaan televisi pertama kalinya.

e. Media Cetak

Apakah orang tuamu berlangganan surat kabar? Atau apakah kamu berlangganan majalah? Saat ini sangat banyak pilihan media cetak. Ada majalah atau koran yang terbit harian, mingguan, bulanan, atau tiga bulan.

gambar Mesin Cetak masa kini

D. Teknologi Transportasi Darat

Zaman dahulu perjalanan darat dilakukan dengan cara  jalan kaki, mengendarai kuda atau unta. Untuk mengangkut beban atau barang-barang dengan menggunakan kereta. Jalan yang dilalui berupa tanah yang tidak serata dan sebagus seperti sekarang.  Adanya keterbatasan tersebut mendorong manusia untuk berinovasi menemukan alat transportasi darat.

     

          gambar (a) Angkutan darat tidak bermesin                  (b) Angkutan darat bermesin

Kita mengenal dua jenis alat transportasi darat, yaitu tradisional (tidak bermesin) dan modern (bermesin). Alat transportasi darat tradisional digerakkan dengan tenaga manusia atau hewan. Contohnya gerobak, kereta kuda, sepeda, dan becak.Alat transportasi modern digerakkan dengan mesin motor yang berbahan bakar bensin atau solar. Contoh alat transportasi modern yaitu sepeda motor, mobil, bus, kereta api, dan truk.

Dengan semakin meningkatnya mobilitas manusia, dibutuhkan alat transportasi darat yang bisa mengangkut lebih banyak orang maupun barang. Kereta api merupakan alat transportasi darat yang terbesar karena bisa mengangkut ribuan orang. Kereta api pertama dibuat dari mesin uap. Mesin uap berada dalam gerbong yang disebut lokomotif. Lokomotif ini menarik gerbonggerbong lain, yaitu gerbong penumpang dan barang. Kereta api berjalan dalam lintasan rel kereta. Pada perkembangannya, diciptakan kereta api listrik berkecepatan tinggi. Kereta api ini berbentuk agak runcing untuk menembus hamparan udara. Kecepatannya mencapai 500 kilometer per jam.

Jumlah alat transportasi darat yang terus bertambah bisa menimbulkan berbagai masalah, di antaranya kemacetan dan polusi. Masalah tersebut dipecahkan dengan pemanfaatan berbagai teknologi, seperti pemasangan rambu-rambu jalan, pembuatan jalan tol, jalan layang, dan jembatan. Untuk mengurangi polusi, diciptakan mobil-mobil ramah lingkungan yang bahan bakarnya terbuat dari minyak tumbuhan.

E. Teknologi Transportasi Udara

Jalan tercepat untuk menempuh perjalanan jarak jauh adalah melalui udara. Manusia sudah sejak lama mendambakan perjalanan melalui udara. Sebelum menemukan pesawat, manusia terlebih dahulu menemukan balon udara. Baru pada tahun 1930-an manusia berhasil membuat sebuah mesin yang dapat terbang dengan tenaganya sendiri dan dapat dikendalikan penerbangannya. Pesawat terbang pertama dibuat dengan menggunakan mesin balingbaling.

gambar Pesawat Terbang & Helikopter

Kini pesawat udara bisa bergerak lebih cepat, bahkan lebih cepat dari suara. Namanya pesawat supersonik. Ada pula pesawat yang bisa mendarat di air. Pesawat ini mengganti roda dengan pelampung. Pesawat tinggal landas dan mendarat di tempat khusus yang disebut bandara. Berbeda dengan pesawat, helikopter tidak memerlukan landasan pesawat. Helikopter mampu mendarat di tempat-tempat yang sulit sehingga sering digunakan untuk penyelamatan.

F. Teknologi Transportasi Air

Alat transportasi air dibutuhkan manusia untuk melewati perairan, seperti sungai dan lautan. Orang zaman dahulu menggunakan sebatang kayu yang dilubangi atau dibakar sebagai tempat duduk. Kayu ini dikayuh dengan tangan atau galah yang panjang. Inilah perahu pertama yang kemudian disebut kano. Selain itu, ada juga kapal dari rumput atau gelagah yang panjang.

Bangsa-bangsa kuno yang menguasai pembuatan kapal pertama antara lain Mesir, Yunani, dan Romawi. Orang Mesir dan Yunani banyak membuat kapal dagang. Orang Venesia berhasil membuat kapal berdayung dua yang disebut Biremes. Bangsa Romawi membuat kapal perang triremes, yang berarti berdayung tiga. Selanjutnya, orang mulai menemukan cara lain menggerakkan kapal selain dengan dayung yaitu menggunakan layar. Setelah ditemukan mesin penggerak, kapal mulai menggunakan mesin. Mesin yang digunakan mulai dayung roda, baling-baling, mesin turbin, mesin diesel, dan mesin bertenaga nuklir.

                           gambar Kapal Laut & Perahu layar

 Selain dari tenaga yang digunakan, kemajuan teknologi transportasi laut juga ditandai dengan bahan-bahanyang digunakan untuk badan kapal. Semula badan kapal murni menggunakan kayu kemudian berkembang menggunakan besi dan baja.

Kapal dikembangkan sesuai fungsi yang berbeda-beda. Kapal feri misalnya, digunakan untuk perjalanan antar pulau. Kapal pesiar membawa penumpang pada pelayaran liburan. Kapal tanker digunakan untuk mengangkut muatan cairan. Kapal selam digunakan untuk kepentingan militer. Kapal nelayan digunakan untuk mencari ikan. Hovercraft digunakan untuk mengangkut muatan berat.

Pernahkah kamu mendengar tentang kapal Pinisi? Kapal tradisional ini mampu melakukan perjalanan hingga ke tujuh samudra di dunia. Hebatnya, kapal ini dibuat dengan teknologi bangsa Indonesia sendiri. Cara pembuatan kapal diwariskan secara turun-temurun dari nenek moyang suku Bugis. Kapal kayu memiliki dua tiang utama dan tujuh layar dan digunakan untuk mengangkut barang.

Ternyata dalam hal teknologi bangsa Indonesia tidak kalah dari negara maju. Tidak hanya teknologi pembuatan kapal, tetapi juga bangunan kuno, proses pembuatan kain, dan berbagai peralatan. Candi Borobudur adalah contoh kecanggihan teknologi bangunan. Batik adalah contoh teknologi pembuatan kain yang bernilai seni tinggi dan berkualitas.

Bangsa Indonesia pada masa kini pun sudah mampu menghasilkan barang-barang berteknologi tinggi. Misalnya, pesawat terbang, mobil, galangan, dan kapal. Jadi, dalam hal teknologi kita tidak perlu merasa rendah diri dan tergantung pada negara maju. Bangsa Indonesia memiliki kemampuan untuk mengembangkan teknologi. Semua itu tergantung pada kemauan anak bangsa, termasuk kita sebagai generasi muda.

G. Kelebihan dan Kekurangan Teknologi

Kita telah mengetahui berbagai jenis teknologi baik di masa lalu maupun di masa kini. Setelah mengetahuinya kamu tentu dapat membandingkan teknologi masa lalu dengan teknologi masa kini. Teknologi masa lalu maupun masa kini memiliki kelebihan dan kelemahan. Pada penjelasan di atas yang banyak nampak adalah kelemahan teknologi masa lalu dan kelebihan teknologi masa kini. Misalnya teknologi masa lalu lebih lambat sedangkan teknologi masa kini lebih cepat. Namun sebenarnya teknologi masa lalu juga memiliki kelebihan. Sebaliknya teknologi masa kini juga memiliki kelemahan.

Pada umumnya teknologi masa lalu masih menggunakan tenaga manual yakni hewan, angin ataupun manusia. Selain itu prosesnya juga lama atau lambat. Namun di sisi lain teknologi masa lalu memiliki kelebihan yakni hampir semua bebas polusi. Baik polusi udara, polusi suara maupun polusi lainnya. Sedangkan teknologi masa kini memiliki kelebihan prosesnya cepat. Namun di sisi lain memiliki kelemahan yakni menimbulkan polusi. Seperti polusi udara, tanah, air dan suara. Polusi udara menyebabkan napas menjadi sesak.

Teknologi masa kini khususnya teknologi transportasi juga rawan menimbulkan kecelakaan. Di negara kita ratusan orang meninggal tiap tahun karena kecelakaan lalu lintas. Baik di darat, laut maupun udara. Hal ini banyak disebabkan oleh faktor manusia yang lalai dan ceroboh.

Kelemahan teknologi masa kini menjadi koreksi kita bersama. Sekarang kita menghadapi masalah justru karena kecanggihan teknologi. Pencemaran air, tanah, udara, dan suara terjadi di mana-mana. Untuk kalian yang tinggal di kota besar tentu sudah merasakan bisingnya suara kendaraan bermotor, mesin-mesin pabrik, pesawat terbang dan hawa yang begitu panas.

Untuk itu saat ini masyarakat banyak dihimbau agar menggunakan kendaraan bermotor seperlunya saja. Bahkan di Jakarta dilarang menggunakan mobil yang isinya kurang dari 3 orang. Hal ini selain menghindari kemacetan juga mengurangi polusi udara dan suara. Marilahkita pilih teknologi yang ramah lingkungan! 

Soal